Minggu, 26 Mei 2013

cara sharing file, printer, hardisk dan CD ROOM


















Cara Sharing File atau Folder pada Windows 7

 Cara ini sangat praktis untuk mengirimkan berkas atau dokumen dan prosesnya sangat cepat. Berikut langkah-lakngkah sharing file atau folder pada windows 7
Syarat untuk berbagi dokumen (Sharing file) :
  1. Koneksi jaringan antar komputer
  2. Aktivasi Permission Share
  3. Gunakan Password jika ingin lebih aman dalam membagikan berkas atau dokumen (option)

Langkah 1

Cara terlebih dahulu folder atau direktori yang dibagikan :

Langkah 2

Aktifkan permission share



Langkah 3

Hasil Aktivasi share



Cara Sharing Printer

By on September 11, 2011
Cara sharing printer tidaklah terlalu sulit. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk menyelesaikannya. Walau begitu, jika kita mengetahui cara sharing printer, maka akan besar manfaat yang dapat diperoleh. Oleh karena itu patut rasanya kita bahas topik ” cara sharing printer “ ini.
Seperti anda ketahui jika dalam sebuah jaringan LAN kita dapat saling bertukar file. Berinteraksi via chat LAN dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan. Satu diantaranya adalah menggunakan 1 printer untuk banyak komputer. Untuk melakukannya kita hanya perlu tahu tata cara sharing printer. Namun sebelum memasuki langkah demi langkah cara sharing printer ada beberapa hal yang harus dipastikan.

Sebelum Membahas Cara Sharing Printer

Sebelum membahas cara sharing printer setidaknya ada tiga hal yang harus dipastikan. Hal-hal berikut sangat vital sehingga jika ada salah satunya yang tak terpenuhi, pastilah sharing printer akan gagal walau telah mengikuti cara sharing printer dengan benar. Berikut tiga hal tersebut :
  1. Pastikan semua komputer telah terhubung dalam jaringan LAN dan telah terkoneksi dalam wordgroup dengan baik.
  2. Pastikan printer telah terhubung ke salah satu komputer dan dapat beroperasi dengan baik.
  3. Pastika printer telah di share pada komputer tersebut.
Nah jika tiga hal tadi telah anda pastikan, barulah kita dapat lanjutkan ke tata cara sharing printer.

Tata Cara Sharing Printer

Langkap pertama cara sharing printer ini adalah masuk ke Control Panel, kemudian pilih “printers and other hardware”. Kemudian pilih “printers and faxes” lalu pilih “add printers” maka akan muncul “add printer wizard”
cara sharing printer
Klik “next” maka akan muncul pilihan “local or network ptinter” pilihlah “a network printer,or printer attached to another computer”. Klik “next” maka akan muncul “specify a printer” kemudian pilih “browse for a printer” dan carilah printer yang ingin anda sharing.
Kembali perlu diingat dalam tata cara sharing printer, sebelum melakukan ini pastikan printer yang akan di sharing telah di share pada komputer yang terhubung langsung dengan printer tersebut.
cara share printer
Langkah selanjutnya dalam cara sharing printer ini adalah klik “next” maka muncul pertanyaan instalasi driver dan pilihlah “yes”. Setelah itu muncul pilihan “default printer”. Jika anda memilih yes maka printer tersebut akan dijadikan printer default anda. Setelah itu muncul “completing add the printer wizard” klik “finish”. Dan tahapan cara sharing printer ini pun selesai.

Finalisasi Cara Sharing Printer

Finalisasi cara sharing printer ini tentu dengan melakukan tes print. Lihatlah apakah cara sharing printer ini berhasil dengan klik Start menu > Printers and Faxs. Selanjutnya jika cara sharing printer ini berhasil maka anda akan melihat printer yag disharing tersebut muncul dan siap digunakan. Untuk memastikannya silakan langsung melakukan uji coba saja. Printlah dokumen dan perhatikan apakah cara sharing printer ini berhasil. Yups demikian saja tutorialnya, selamat mencoba cara sharing printer.


Cara Share partisi Hardisk dalam jaringan ( Map Drive Windows 7 )

Cara Share partisi Hardisk dalam jaringan,

Mungkin sebagian dari anda selaku pengguna komputer yang tahu tentang jaringan ,tidak lagi membutuhkan artikel TuTorial Map Drive Windows 7.

Karena Cara membagi  partisi Hardisk dalam jaringan dapat dilakukan dengan mudahnya ,namun berbeda jika anda pengguna awam yang masih ingin belajar tentang file sharing dan semacamnya.

Mungkin saja tulisan yang akan saya tulis ini dapat membantu anda .

Cara Share partisi Hardisk dalam jaringan,( MAP DRIVE )

Pertama tama saya sarankan untuk anda menggunakan windows 7 ULtimate ,dan pastikan infrastruktur jaringan anda dalam keadaan baik dan normal ,seperti koneksi lan atau wifi yang tidak putus nyambung .

Buka windows explorer dan pilih drive/partisi yang ingin anda share, setelah itu
( Klik kanan -.> properties -> tab sharing -> advanced sharing -> centang share this folder -> permission -> add ( nah setelah anda menklik add akan muncul kotak baru ,setelah muncul kotak baru anda bisa melanjutkan dengan menekan ) ->Advanced -> lalu pilih find now.,setelah ketemu carilah dan pilih yang everyone 
Setelah anda memilih everyone anda akan dibawa pada tampilan sebelumnya .,nah pada tahap tampilan ini anda bisa mencentang kotak full control lalu ok

Pada tahap ini drive anda sudah tersharing di jaringan anda secara folder  .,untuk itu anda harus mengeceknya terlebih dahulu .,cara mengeceknya cukup mudah .,dengan menggunakan pc lain ,anda buka windows explorer dan pilih network lalu pilih computer anda dan lihat apa sudah tersharing dengan benar disitu.,Dengan benar artinya dari pc lain.,anda bisa mengedit dan menggunakan sesukanya.,.karna opsi full control yg anda pilih
Nah kini saatnya anda memulai map drive pada folder tersebut caranya 

Buka explorer dan tekan Map network drive



Pilih nama drive ( 1) dan cari folder yang barusan anda share ( 2 )
Cari Pada nama computer anda ,folder / drive yang sudah anda share tadi 
setelah ketemu anda bisa menekan finish ,nah disini saya akan menjelaskan arti reconnect at logon ( setiap anda restart maka drive akan terputus ) sebaiknya anda tidak centang ini agar drive selalu connect ,tapi terserah anda ,dan untuk connect using different credential ( ialah membuat username dan password ) untuk drive anda

proses pemberian username dan password untuk drive anda

Nah drive sudah muncul dan siap digunakan


 
 

Berikut ini akan saya share tutorial tentang bagamana cara share CD-ROM dalam jaringan LAN. Hal ini sangat penting untuk kita pelajari, apalagi bagi anda yang mempunyai usaha di warnet yang misalnya ingin menginstall sebuah game dari CD/DVD ke semua komputer client anda, namun diwarnet anda hanya ada 1 CD-ROM yang biasanya hanya ada di komputer server. Nah, bagaimana nih kalo begini kasusnya?

Untuk megatasi masalah diatas, dapat kita selesaikan dengan memanfaatkan sebuah fasilitas yang ada pada windows, yaitu fasilitas share atau berbagi. Dengan fasilitas ini, kita dapat berbagi CD-ROM, folder, musik, program, printer, kamera, dsb.

Oke, langsung ke TKP!

1. Klik Start, kemudian masuk ke My Computer

2. Klik kanan pada CD-ROM yang akan di share, kemudian klik Share and Security

3. Klik tulisan If you ........

4. Centang "Share this folder on the network". Kemudian beri nama pada "Share name"

5. Jika berhasil, maka akan muncul icon tangan pada sisi icon yang dishare


Sampai disini proses sharing telah berhasil. Selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana cara mengaksesnya dari komputer client.

1. Klik My Network Places

2. Klik Share
3. Isi IP server pada kolom pencarian, lalu klik search
4. Jika IP benar, maka akan muncul di sebelah kanan seperti pada gambar dibawah, double klik IP tersebut.

Cara Sharing Drive Harddisk Win 7


Pada tutorial ini saya akan mencoba mengenalkan kepada teman-teman cara melakukan setting share drive pc untuk share LAN atau pada jaringan local, na sebelumnya teman-teman sudah memiliki kabel LAN, dan sudah mengerti setting LANnya ya. Oke, langsung saja langkah pertama silahkan teman-teman koneksikan komputer teman-teman dengan LAN pada PC lain.
Langkah1:


Klik kanan drive yang akan kita lakukan share, pada contoh ini drive E yang akan saya lakukan share. Kemudian Anda klik Properties. Langkah2:
Pilih tab sharing, kemudian klik advanced sharing. Maka akan muncul jendela baru sharing advance, seperti berikut ini.


Langkah3:

  
 
 
sumber informasi :
 http://www.kotepoke.org/2012/05/cara-sharing-drive-harddisk-win-7.html#
 http://rshsmart.blogspot.com/2011/03/cara-share-cd-rom-di-jaringan-lan.html
 http://thekaku.com/cara-merakit-laptop/
http://fikrismkn1cjr.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar