Minggu, 26 Mei 2013

macam-macam jenis pengkabelan jaringan komputer

Pengkabelan Jaringan Komputer


Modul Jaringan Komputer : Pengkabelan Jaringan Komputer

berbicara masalah pengkabelan Jaringan dalam komputer tentunya kita akan membahas tentang media transmisi yang ada dalam jaringan komputer. ada Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini  

  • Kabel Koaksial
Kabel koaksial mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :
  1. Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps 
  2. Biaya Rata-rata per node murah 
  3. Media dan ukuran konektor medium 
  4. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)
Jaringan dengan menggunakan kabel koaksial merupakan jaringan dengan biaya rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas. Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.



  • Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Merupakan sepasang kabel yang di twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel/8 kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.
  • Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Secara fisik, kabel shielded sama dengan unshielded tetapi perbedaannya sangat besar. Dimulai dari konstruksi kabel shielded mempunyai selubung tembaga atau aluminium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan STP adalah tidak samanya standar antar perusahaan yang memproduksinya dan lebih mahal dan lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.
  •   Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.
  1. Fiber Optic mempunyai beberapa karakteristik, yaitu: 
  2. Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps 
  3. Biaya rata-rata pernode cukup mahal 
  4. Media dan ukuran konektor kecil 
  5. Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 km (panjang)


    sumber informasi : http://www.it-artikel.com/2012/06/pengkabelan-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar